EFFECTIVE TEAMWORK

 Tibalah kami di materi kedua dimana inilah saatnya kami membangun tim yang solid. Ini waktunya kami mencari teman yang mungkin memiliki masalah yang sama, mimpi yang sama, ataupun keinginan yang sama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saya mulai menggali lagi problem statement dan mengambil poin-poinnya untuk dimasukkan ke dalam kampanye, dan mencari teman melalui kampanye tersebut.

Pada fase ini, saya sempat merasa sangat sangat galau, karena masalah yang saya ambil sangat sensitif. Setelah berkonsultasi dengan mantika saya mendapatkan pencerahan untuk mengatur lagi kata-kata yang saya tuliskan dalam kampanye, sehingga tidak ada anggapan negatif. Sayapun menyusun campaign saya, dengan story board berikut




Dan jadilah video campaign saya seperti di bawah ini :)


Setelah beberapa hari saya posting , saya belum juga mendapatkan respon. Saya pun sebenarnya masih ragu dengan problem statement yang saya bawa. Seiring berjalannya waktu, saya kembali melihat kembali bank masalah saya sambil melihat kampanye teman-teman. Hingga saya tertarik dengan kampanye Mbak Adis tentang pola hidup sehat dan membuat makanan sehat. Aha, ini adalah salah satu masalah yg ada di bank masalah saya, hanya saja, masalah saya lebih spesifik ke  pemenuhan cemilan anak yg sehat dan bergizi. Di titik ini, saya menguatkan diri untuk memfokuskan diri langsung pada solusi problem statement saya, yaitu untuk mewujudkan produktivitas dan terus berkarya melalui passion saya di baking makanan sehat, lalu memutuskan untuk bergabung dengan tim mbak Adis. Berikut adalah User Persona saya


Setelah bergabung dengan tim mbak Adis, saya bertemu dengan 5 teman lain yang juga memiliki concern yang sama, hampir semua sedang berusaha untuk menjalankan pola hidup sehat dengan membuat makanan real food. Kami pun saling berbagi mimpi dan berkenalan. Fokus masalah yang akan kami cari solusinya adalah mengenai cemilan/snack untuk anak-anak. Tau sendiri, saat ini sulit sekali menemukan jajanan untuk anak yang ramah cerna dan bernutrisi. Kebanyakan jajanan yang mudah kita temukan adalah jajanan ultra proses, tinggi gula n tepung, pengawet dll. Berangkat dari sana, kami ingin menjadi bagian dari solusi dengan membuat sebuah aksi. Ah membaca ini sungguh rasanya saya menemukan tim yang tepat.  Karena saya pribadi juga sedang mengembangkan cemilan anak-anak yang tidak hanya sehat tapi juga menarik dan edukatif. 

Concern kami akan kami jadikan tagline yaitu, makanan sehat untuk generasi tangguh. Lalu kami mulai mengobrol dan mencari nama untuk tim kami. 
Setelah voting dan diskusi akhirnya kami mendapatkan nama tim 

 DAPUR GENTA , "Good Food For Good Generation"

Genta adalah singkatan dari Generasi Tangguh. 


FILOSOFI LOGO
Warna Hijau , menggambarkan Alami, Sehat, kesuburan, pertumbuhan .. menggambarkan bawa dapur genta adalah tentang mengolah makanan sehat dan alami 
Warna Orange menggambarkan kehangatan , Dapur Genta adalah bagian dari kehangatan setiap keluarga karena senantiasa memberikan edukasi untuk memberikan makanan yang baik dan sehat untuk menjaga kesehatan keluarga 
Aneka sayur dan Buah Merepresentasikan bahan bahan makanan yang baik , sehat dan penuh Gizi 
Font huruf dibuat lebih "kids" karena kita fokus pada makanan sehat anak anak 


Selanjutnya kami mulai menyusun kira-kira aksi seperti apa yang akan kami lakukan. Mbak Adis pun membagikan idenya yaitu challenge sepekan minimal sekali bikin masakan sehat.

Misalnya
1. Ada yg share menu lalu eksekusi di rmh masing2 (sama semua)
2. Dibuat tema misal bahannya ayam. Olahannya bebas sesuai kreasi.

Hasil masak lalu difoto, cerita pengalaman, testimoni anak, apapun boleh dan diupload ke medsos tim kita atau medsos masing2 dg mention medsos tim atau dibikin ada hashtag khusus.

Ada aksi kita yg dirasakan keluarga yg konsisten plus poin edukasi/berbagi resep pun dapat juga.

Kalau udah terkumpul menu dan resepnya, mungkin bisa dibukukan. 



SOFT SKILL & HARDSKILL

Kemudian kami mulai memetakan soft skills dan hardskills kami. Mbak Adis terlelbih dahulu membagikan peran apa saja yang akan dibutuhkan didalam tim
Dalam 1 tim, kurang lebih kita butuh

1. Leader/CEO untuk memastikan proyek ini tetap on track n mencapai goals kita bersama
2. Manajer operasional, merancang ide dan menyatukan dalam pengembangan produk serta koordinasi seluruh tim
3. Nutrisionis dan tim dapur, berkolaborasi membuat produk cemilan yang sesuai panduan gizi seimbang dan kebutuhan anak
4. Kalau semisal jadi kita buat suatu produk, misal medsos, buku resep atau kelas untuk publikasi otomatis butuh tim design yg bisa buat content n design grafis. 
5. Marketing, bertanggung jawab atas semua aspek pemasaran termasuk copywriting dan riset pasar (jika proyek ini berlanjut n berkembang) 


berikut adalah Role & Task dalam tim kami





 

Comments

Popular Posts