Zona Growth 3

Di pekan ini, kami mendapatkan ilmu baru untuk melecutkan kembali growth tim kami. Kali ini kami belajar mengenai salah satu metode berpikir untuk mencari sebuah solusi dengan melihat suatu masalah dari beberapa sudut pandang. Metode ini ditulis oleh Dr.Edward de Bono dengan judul Six Thinking Hats. 

Sumber : majoomedia.com


Metode ini sangat membantu kami dalam mencari solusi secara komprehensif karena metode ini membuat kami berpikir tahap demi tahap dari berbagai sudut pandang. Dimulai dari memikirkan apakah tantangan dan tujuan kami saat ini. Tidak hanya asumsi dan opini, tapi juga diperkuat dengan fakta dan data di topi putih. Mempertimbangkan sisi positif dan kekurangan serta resikonya di topi kuning dan hitam. Selain itu juga ada topi merah yaitu menggunakan feelings dan intuition untuk menentukan solusi mana yang paling efektif. 


Berikut adalah proses berpikir kami menggunakan Six Hats Thinking dalam menemukan solusi dari tantangan terbesar kami saat ini yaitu dalam Pemasaran Ebook Learner to Master.



TOPI BIRU ๐Ÿงข

Tujuan

Pemasaran ebook meningkat dan mencapai target penjualan ebook tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat serta mendapat feedback positif dari pembaca

Tantangan

1. Strategi promosi dan marketing ebook

2. Mencari dana utk Mencukupi kebutuhan RAB (target peserta KBC) 

3. Memutuskan join invest apa tidak

4. Konten promosi


TOPI PUTIH ๐Ÿค

Fakta 

1.KBC sdh tayang di hexalink n hexamedia

2. Peserta KBC sudah mencapai 5 peserta dari target 15org

3. Ebook blm ada penjualan 

4. Ebook sdh submit di hexaweb & hexamedia 

5. Belum semua anggota update kbc dan ebook di medsos

6. Harga serta alur pembelian Ebook untuk non IP masih blm clear


Data 

1. Flyer ebook, KBC, dan reseller

2.  Posisi keuangan kita ada 380.000 Rupiah

3. Titik BEP setelah menyentuh penjualan 91pcs

4. Ada 6 platform publikasi di hexacity yg bs kita masuki


TOPI HIJAU ๐Ÿ’š.

1. Editing video mandiri untuk menurunkan BEP

2. Meningkatkan promosi melalui akun sosmed IG+fb masing2 + oloc (one like, one comment bareng2)

3. Pinang orang untuk endorse

4. Kulwap seputar baking gratis

5. Mengisi semua media hexagon ( ig live, youtube, dll)

6. Penawaran menarik utk bergabung menjadi reseller, krna reseller adalah ujung tombak penjualan

7. Menggandeng tim CS/public speaking utk jadi moderator KBC

8. Menggandeng co house kepenulisan yg bisa bikin resensi ebook. Contoh : mbak Naqiyyah syam yg ngisi materi content writing

9. Menggandeng mak emak vlogger utk review via youtube 

Contoh : mbak nur maulidah yg ngisi materi video editing


TOPI KUNING ๐Ÿ’›

Apa sih manfaat dan value dari ide2 di topi hijau?

1. Menurunkan BEP (udah dijawab di topi hijau ๐Ÿคญ)

2. Produk semakin dikenal masyarakat luas

3. Menarik hati calon konsumen agar ikut membeli produknya

4. Membuat kolam untuk promosi ebook

5. Menambah ujung tombak penjualan

7. Member co house bisa fokus untuk konten

8. Redaksi yg lebih menarik untuk dibaca


TOPI HITAM ๐Ÿ–ค

1. Menambah waktu untuk online dan membuat konten untuk para reseller dan berkordinasi dengan pihak lain. 

▶️Cara menanggulangi: pembagian tugas

2. Perlu tambahan informasi terkait collabs


TOPI MERAH ❤️

Menggencarkan reseller


Pada titik ini kami kembali ke topi biru, dan melihat kembali apakh Tujuan dan Tantangan yang kami miliki sudah terjawab semua, lalu kami bergerak ke Action Items untuk menuliskan apa saja yang akan kami lakukan secara lebih rinci. Ada 4 actions utama yang akan kami lakukan segera. 



inilah keempat Action items kami. 2 poin pertama kami fokuskan untuk menunjang berjalannya Program Reseller, sesuai dengan analisa Six Hats kami yang mengkerucut pada Program Reseller yang paling berpotensi menjadi ujung tombak pemasaran kami. Untuk menunjang program Reseller ini, dan akan menjadi bahan promosi juga bagi para reseller, kami akan menjalankan action ke 3 yaitu mencari review-review positif dari para pembaca dengan memberikan e-book learner to master secara gratis kepada beberapa orang yang berpotensi dan menyukai baking. Di samping itu, kami juga akan menjalankan poin ke 4 sebagai langkah awal yang dapat kami lakukan. 


Poin 3 & 4 akan kami kerjakan bersama - sama, karena semakin banyak orang akan semakin luas lingkup pemasaran kami. Poin 1 dan 2 dikerjakan oleh 6 orang, karena 2 orang sudah bekerja di tim growth cluster, dan 2 orang lagi di tim sukses cluster. Kami harap strategi ini berjalan baik, dan tujuan kami tercapai.

Comments

Popular Posts